ARTIKEL KRISTEN - TIGA TAHAP PEMBUANGAN BANGSA ISRAEL

Post a Comment



Syalom…
Saya bertrimakasih bagi anda yang telah membaca dan membuka blogger saya. Tuhan Yesus Memberkatimu.

Untuk mengetahui sejarah pembuangan Israel secara lengkap maka harus melihat dalam tiga tahap yaitu sebagai berikut:

Tahap Pertama ( Di zaman Raja Yoyakim, 2 Taw. 36:5-8; 2 Raj. 23:36-7)
Raja Yoyakim menjadi raja atas Yehuda pada umur 25 tahun dan ia memerintah Yerusalem selama 11 tahun lamanya. Yerusalem pada saat itu di bawah kekuasaan bangsa Mesir.

Tahan pertama pembuangan orang Israel adalah di zaman raja Yoyakim. Memang Alkitab tidak mencatat secara lengkap di Kitab Raja-Raja dan Takwarik. Melainkan Alkitab mencatat hanya raja Yohakim yang dibawah ke Babel.
Namun yang perlu di perhatikan bahwa Yerusalem ini adalah di bawah kekuasaan Mesir sebelum di kuasai Asyur.

Ketika Babel menyerang Mesir maka wilayah Mesir dari sungai Mesir sampai ke sungai Efrat menjadi milik bangsa Babel (Raj.24:7).
Ketika Yerusalem di serang oleh Babel tidak ada sama sekali bantuan dari Mesir karena Mesir telah dikalahkan oleh bangsa Babel.

Alkitab mencatat bahwa Yerusalem bisa jatuh karena dosa mereka di hadapan Tuhan. sebab mereka tidak mau bertobat dan kembali kepada Tuhan. Bahkan Allah telah berulang kali Allah berbicara kepada mereka melalui nabi-Nya namun mereka tidak bertobat. Sehingga Allah menyerahkan mereka ke bangsa Babel.

Tahap Kedua (Zaman Yoyakhim, 2 Taw. 36:9-10; 2 Raj. 24:18-17)
Ketika Yerusalem jatuh ke tangan bangsa Babel. Nebukadnezar nasih memberikan kemurahan bagi orang-orang Yehuda yang masih tinggal di Yerusalem. Tujuan raja  Nebukadnezar menginjikan mereka tinggal di Yerusalem supaya ada orang-orang yang mengusahakan kebun dan lahan pertanian di Yerusalem. Kebijakan Nebukadnezar ini adalah kebijakan politik dimana orang-orang Israel wajib membayar pajak kepada raja Nebukadnezar.

Pada saat itu raja Nebukadnejar mengakat Yoyakhim anak dari Yoyakim untuk menjadi raja. Dan Yoyakhim menjadi raja ketika ia berumur 18 tahun. Dan ia memerintah Yerusalem hanya 3 bulan.

Pada saat itu kembali lagi bangsa Babel menyerang Yerusalem karena Yoyakhim tidak mau bertobat. Sehingga Tuhan mengerahkan hati Nebukadneza untuk menyerang kembali. Dan zaman Yoyakhim adalah tahap kedua pembuangan bangsa Israel ke Babel.

Tahan Ketiga Zaman Zedekia, (2 Raj. 24:18-20)
Ketika Yoyakhim dan orang-orangnya telah dibuang ke Babel. Maka Raja Nebukadnezar mengakat Zedekia menjadi raja atas Yehuda. Zedekia menjadi raja pada waktu ia berumur 21 tahun dan ia menjadi raja Yerusalem adalah 11 tahun.
Dan perbuatan Zedekia juga sama denga perbuatan raja yang sebelumnya dan tidak mau bertobat. Sehingga Tuhan menggerahkan lagi hati Nebukadnezar untuk menyerang mereka kembali. Serangan ini serangan terakhir akibatnya Yerusalem dihancurkan beserta tembok-temboknya. Dan zaman Zedekia ini zaman pembuangan bangsa Israel pada tahap 3.

Pembelajaran Yang Bagi Kita
Tuhan selalu memberikan kesempatan bagi orang Yehuda untuk bertobat dan kembali kepada-Nya. Dan ketika umat-Nya tidak mau bertobat dan tidak mau kembali di jalannya Tuhan. Maka Tuhan memakai cara lain untuk menegor mereka supaya mereka kembali yaitu di buang ke Babel.

Demikian juga dengan kehidupan kita disaat kita mau bertobat dan kembali di jalan-Nya Tuhan maka Tuhan memakai cara lain untuk menengor kita misalkan virus corona. Ingat bahwa Tuhan itu adil.

Tuhan Yesus Memberkati



Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter