Kisah Para Rasul 2:36 - Tafsiran/ Doktrin Kristologi

Post a Comment
DOKTRI KRISTOLOGI
(Kisah Para Rasul 2:36)

Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Ktistus

Ketika kita membaca ayat firman Tuhan menimbulkan suatu pertanyaan dalam kehidupan kita. Bahwa Allah telah membuat Yesus menjadi Tuhan dan Kristus. Jadi sebelumnya Yesus bukan Tuhan atau Allah. Sehingga memicu suatu pertanyaan dalam kehidupan kita kapan Yesus menjadi Tuhan. Apakah ketika Ia di salipkan atau setelah Ia bangkit baru Ia menjadi Tuhan?

Pandangan saya: Yesus sejak dari dulunya Ia sudah jadi Tuhan, bahkan sebelum dunia ini ada. Kalau berbicara kapan Yesus jadi Tuhan bukan itu menjadi suatu persoalan untuk mempertanyakan ke Tuhan Yesus. Sebab Ia memang Tuhan dari sejak dulunya.

Beberapa bukti ayat firman membuktikan Yesus adalah Tuhan sejak dulunya:
ð Yoh 1:1 - Firman itu adalah Allah. Siapa Firman itu yaitu Yesus.
ð Yoh 1:2 - Ia sebagai pencipta, jadi Yesus benar-benar Allah.
ð Kol. 1:16 - Di dalam Yesus terciptakan segalah sesuatu dan masih banyak lagi ayat firman Tuhan yang mendukung Yesus sudah dari dulunya Tuhan.


Cara untuk memahami Kis. 2:36:
Kalau kita mempelajari konteks ayat firman Tuhan ini berbicara Khotbat Petrus ketika pencuran Roh Kudus (Pentakosta). Di mana orang percaya menerima kuasa Roh Kudus sehingga orang-orang Yahudi pada saat itu melihat wujud Roh Kudus dalam bentuk lidah api. Sehingga pada saat itu banyak orang Yahudi percaya kepada Kristus karena tanda tersebut. Sehingga Petrus menyinggunya di khotbahnya Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, jadi Tuhan dan Kristus. Maksud semuanya itu karya Allah dan kehendak Allah yang membuat orang Yahudi menerima Yesus sebagai Tuhan mereka. Sebab sejak Yesus melayani didunia ini orang-orang Yahudi ini menolak Yesus sebagai Tuhan mereka dan tidak percaya Yesus sebagai Tuhan karena Yesus adalah anak tukang kayu dan bahwa Yesus adalah manusia sama seperti diri mereka tetapi mereka tidak tahu juga Yesus adalah Allah.

Melalui pencurahan Roh Kudus (Pentakosta) orang Yahudi baru menerima Yesus sebagai Tuhan dan Allah mereka karena Allah yang membuka pikiran mereka. Sehingga Petrus berkata Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu menjadi Tuhan dan Kristus. Maksud ayat firman Tuhan ini setelah pencurahan Roh Kudus baru orang Yahudi menerima Yesus sebagai Tuhan mereka.

Bukan baru Yesus jadi Tuhan melainkan dari sejak mulannya atau dari dulunya Ia benar-benar Tuhan dan Allah kita.

Alasan saya membahas ayat firman Tuhan ini karena orang-orang muslim menjadikan ayat firman Tuhan ini pegangan mereka untuk menyerang orang Kristen bahwa sebelum Yesus bukan Tuhan.

Sekianlah penjelasan saya Tuhan Yesus memberkati….

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter