Bahan Mengajar Sekolah Minggu Yang Kreaktif

Post a Comment

KASIH ALLAH KEPADA MANUSIA
(Yohanes 3:16)

Tujuan:
  • Supaya anak-anak mengetahui kasih Allah yang begitu besar kepada manusia
  • Supaya anak-anak mengatahui kasih Allah itu menyelamatkan.

METODE MENGAJAR
Pendahuluan:
Menyapa anak-anak sekolah minggu

Yel Yel : kasih, kasih, kasih, kasih Allah, yes, yes

Menyampaikan tema: Firman Tuhan pada pagi hari ini adek-adek yaitu "Kasih Allah Kepada Manusia"

Ilustrasi: tujuan dari ilustrasi ini adalah agar anak-anak sekolah minggu mengetahui kasih Allah dalam dunia mereka. Contoh: tentu adek-adek sayang kepada orang tuamu. Karena ayah dan ibumu terlebih dahulu mengasihi adek-adek. Dan siapa di sini yang mau bersaksi tentang kasih sayang orang tuannya?

Peralihan: kakak percaya adek-adek  di sini pasti telah merasakan kasih sayang seorang ayah dan ibu kepada adek-adek.

Kalimat Pehubung: Terlebih-lebih lagi kasih Allah yang begitu besar, ajaib, dan luar biasa. Kasih Allah lebih besar daripada kasih sayang orang tuamu. Sebab Allah yang memberkati kehidupan adek-adek, memberikan pertumbuhan dan sehat selalu. Seperti apakah kasih Allah kepada manusia dalam kitab Yohanes? Yaitu sebagai berikut:

Baca ayat firman Tuhan: Yohanes 3:16

Pertama: Ia Mengaruniakan Anak Yang Tunggal

Ilustrasi Gambar: jelaskan kepada anak-anak gambar ini





Allah itu ada tiga pribadi yaitu Allah Bapak, Allah Anak dan Allah Roh Kudus dalam satu hakekat yaitu Allah.

Pada pagi hari ini adek-adek kita lebih fokus membahas 2 pribadi Allah yaitu Allah Bapak dan Allah Anak.

Allah Bapak mengutus Anak-Nya dari surga ke bumi karena kasih yang yang begitu besar. sebab manusia itu telah jatuh di dalam dosa. Roma 6: 23 mengatakan upah dosa adalah maut.
Alasan Allah mengutus Anak-Nya ke dunia agar manusia yang berdosa tidak masuk neraka melainkan bisa masuk surga melalui percaya kepada Yesus Kristus. Allah mengutus Anak-Nya dari surga ke bumi karena kasih-Nya yang begitu besar kepada manusia.

Aplikasi: Siapa yang cinta Yesus? Bila adek-adek cinta Yesus adek-adek harus rajin sekolah minggu dan berdoa kepada Tuhan.

Kedua, Ia Memberikan Hidup Kekal

Ilustrasi Gambar: gambar surga

Peralihan: Siapa yang mau memperoleh hidup kekal? Bagaimana cara memperoleh hidup kekal yaitu kita harus percaya kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat hidupmu.
Allah Bapak mengutus Tuhan Yesus Kristus ke dunia agar adek-adek yang percaya kepada Yesus Kristus bisa memperoleh hidup kekal. Ingat bahwa Allah mengijikan adek-adek bisa masuk surga karena kasih-Nya yang begitu besar melalui percaya kepada Yesus Kristus. Hidup kekal itu adalah hidup selama-lamanya dengan penuh sukacita dan kebahagiaan bersama dengan Tuhan Yesus.

Aplikasi: pada saat hari ini adek-adek telah mendengarkan firman Tuhan mengenai kasih Allah kepada adek-adek yaitu Allah memberikan hidup kekal kepada adek melalui percaya kepada Yesus Kristus. Siapa di sini yang mempunyai teman??  Siapa yang mau mengajak temannya untuk percaya Yesus Kristus?. ayo adek-adek sampaikan tentang Yesus kepada teman-temanmu karena hanya Yesus satu-satu jalan memperoleh hidup kekal.

Penutup/ Kesimpulan: Sampaikan kesimpulan ini terlebih dahulu anak-anak sekolah minggu baru Tanya ulang hasil kesimpulan tersebut:

Seperti apakah kasih Allah kepada manusia dalam Kitab Yohanes 3:16 yaitu sebagai berikut:
1. Ia mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal
2. Ia Memberikan Hidup yang kekal.

Ayat Hafalan: 1 Yohanes 4:7


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter