Ubah Daun Pepaya Manjadi Penghasilan; Ide Bisnis Keripik Daun Pepaya

Post a Comment
Pada umumnya daun papaya hanya digunakan untuk bahan pembuatan masakan. Daun papaya memang dikenal dengan rasanya yang pait. Namun perlu anda ketahui bahwa di balik rasanya yang pait ternyata daun papaya ini banyak menyimpan kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan pada tubuh kita.

Manfaat yang dimiliki oleh daun papaya salah satunya adalah dapat mencegah resiko penyakit kenker. Daun pepaya memiliki kandungan zat baik yang berlimpah dan sangat baik untuk kesehatan pada tubuh manusi. Maka dari itu, bagi anda yang kurang menyukai sayuran yang memiliki rasa pahit seperti daun papaya ini mulai sekarang mencoba untuk mengkonsumsinya, karena daun papaya sangat baik untuk kesehatan pada tubuh kita.

Di dalam daun pepaya mengandung enzim yang berkhasiat untuk melawan kanker terhadap berbagai tumor seperti kanker leher rahim, kanker payudara, kanker hati, kanker paru-paru dan kanker pankreas tanpa efek toksik pada tubuh. Karena daun papaya ini sangat baik untuk kesehatan pada tubuh kita maka tidak heran banyak masyarakat yang memanfaatkan daun papaya ini untuk bahan pembuatan makanan.


Salah satu olahan makanan yang menggunakan daun papaya adalah keripik daun papaya. Mungkin anda tidak pernah menyangka bahwa daun papaya ini juga bisa diolah menjadi suatu makanan yang bernama keripik daun papaya.

Meskipun daun pepaya dikenal dengan rasa pahitnya, tapi jika dioleh menjadi keripik, daun pepaya tidak terasa pahit. Daun pepaya kalau digoreng sebaliknya menjadi makanan yang enak dan bisa dijadikan ide usaka untuk kamu yang masi bingung cari usaha dengam modal dan bahan yang simpel tapi bisa menghasilkan keuntungan yang cukup.

Kripik daun pepaya ini lumayan bisa tahan 1 bulan dalam kemasan asalkan jangan kejemur saat dijual di toko atau warung. Mau tahu cara pembuatannya? Nah, berikut ini adalah bahan dan cara untuk membuat keripik daun pepaya.

Proses Menggoreng Keripuk Daun Pepaya

Bahan Untuk Membuat Keripik Daun Pepaya

  • Daun pepaya yang telah dibersihkan
  • 250gr tapioka
  • 4 sdm tepung beras
  • 2 sdm terigu
  • 1 telur bagi 4
  • 300ml air
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sd garam
  • 1/2 sdt micin
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • Pewarna makanan (warna kuning) atau daun kunyit

Cara Pembuatan Keripik Daun Pepaya

  1. Tuangkan tepung tapioca kedalam wajan
  2. Tambahkan 4 sendok tepung beras
  3. 2 sendok tepung terigu
  4. Masukkan telur yang telah dikocok sebanyak ¼ (1 sendok makan)
  5. Blender sampai halus bumbu penyedap rasa seperti, ½ garam, ½ micin, 1 sendok ketumbar bubuk, 2 biji bawang putih dan 4-5 sendok air.
  6. Masukkan bubunya kedalam adonan
  7. Tambahkan air lalu diaduk sampai merata
  8. Tambahkan pewarna makanan ke dalam adonan
  9. Masukkan daun papaya ke dalam adonan lalu di goreng
  10. Keripik daun papaya siap disantap/dijual

Proses Pengemasan Keripik Daun Pepaya
Penjualan Kerupuk Daun Pepaya

Untuk penjualan keripik daun papaya, bisa di jual dengan harga Rp. 5000 per bungkus. Bungkusan menggunakan plastik dengan ukuran 14 x 25. Kita juga bisa menjual per kilo dengan harga Rp. 60.000 – 80.000.

Bagaimana, anda tertarik dengan bisnis ini? Bisnis dengan modal sedikit tapi keuntungannya melimpah. Selamat mencoba dan selamat berbisnis.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter