Bahan Mengajar Sekolah Minggu Yang Kreaktif

Post a Comment

Tema
Tuhan Yesus Memberikan Hidup Kekal Kepada Saya

Bahan Ngajar ke-2

Tujuan: supaya anak-anak sekolah minggu iman mereka kokoh dan tidak akan goyah mengenai keselamatan mereka.

Pendahuluan:
Syalom adek-adek pada minggu yang lalu kita telah mendengarkan firman Tuhan mengenai "Kasih Allah Kepada Manusia". Kakak mau bertanya kepada adek-adek seperti apakah "kasih Allah kepada manusia" di Kitab Injil Yohanes 3:16 yang telah kita pelajari? yaitu
1. Tuhan mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal yaitu Tuhan Yesus 
2. Tuhan memberikan hidup kekal kepada adek-adek

Kali ini kakak akan mengajak adek-adek untuk mempelajari bersama-sama cara Tuhan memberikan hidup kekal kepada adek-adek. Dan minggu yang lalu kita telah belajar bersama-sama syarat memperoleh hidup kekal yaitu percaya kepada Tuhan Yesus sebagai Juruselamat hidupmu.

Oleh sebab itu mari kita buka Alkitab kita di Roma 10:9

Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.

Ternyata adek-adek cara agar kita bisa memperoleh hidup kekal ada dua hal adek yaitu sebagai berikut:

1. Mengakui Yesus Sebagai Tuhan
Bila adek-adek mau pergi di suatu tempat adek-adek jangan malu atau takut untuk mengakui Tuhan Yesus kepada semua orang. Jangan seperti Petrus adek-adek ia menyakal Tuhan Yesus 3 kali. Ia tidak mengakui Tuhan Yesus sebagai Tuhannya didepan semua orang karena dia takut.

Gambar ilustrasi Yesus Di siksa



Pada saat itu adek-adek Yesus sedang di siksa, di olok-olok dan di pukul. Yesus di pukul bukan karena Ia membuat kesalahan tetapi Ia di hukum karena dosa manusia dan dosa adek-adek. Sehingga Tuhan Yesus menderita agar adek-adek memperoleh hidup kekal (bisa masuk surga).

Gambar Petrus Menyakal Tuhan Yesus


Pada saat itu adek-adek,  Petrus sedang berada di situ ketika Tuhan Yesus di siksa oleh tentara Romawi. Dan ternyata adek-adek ada orang yang datang kepada Petrus untuk berbicara kepada Petrus. Orang itu berkata kepada Petrus "kamu ini adalah satu bagian dari mereka" tetapi tindakan yang dilakukan Petrus yaitu ia menyakal Tuhan Yesus dan tidak mengakui ia adalah murid dari Tuhan Yesus karena Petrus takut.

Aplikasi
Siapa di sini yang tidak mau menyakal Tuhan Yesus? ayo jawab...
Siapa di sini yang berani mengakui Tuhan Yesus sebagai Juruselamat bila ada orang yang bertanya kepada adek-adek?
Jadi adek-adek kita harus berani untuk mengakui Tuhan Yesus sebagai Allah kita di depan semua orang. misalkan kepada teman-teman mu maupun kepada sahabatmu.

2. Mempercayai Tuhan Yesus Dalam Hati
Ilustrasi: siapa di sini yang sangat sayang kepada orang tuanya? Kakak percaya semua adek-adek di sini pasti cinta kepada orang tuanya. Pasti adek-adek percaya dalam hati bahwa orang tua adek-adek akan memelihara kehidupan adek-adek.

Terlebih-terlebih Tuhan Yesus adek-adek, Ia  menjamin hidup kita adek-adek yaitu zaman sekarang ini dan zaman yang akan datang. Maka adek-adek harus lebih lagi mempercayai Tuhan dalam hati adek-adek. Misalkan cita-cita adek-adek kedepan atau masa depanmu maka adek-adek harus percaya bahwa Tuhan Yesus akan memberkatimu.

Penutup
Bagaimana cara memperoleh pemberian hidup kekal kepada kita:
1. Mengakui Tuhan Yesus sebagai Tuhan
2. Mempercayai Tuhan Yesus dalam hati.

Ayat hafalan: Yohanes 3:36



Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter