Renungan: Pemilihan Allah (Predestinasi)_ Efesus.1:4-5

Post a Comment


Saya bersyukur kepada Tuhan jika saya mempunyai kesempatan lagi berbagi renungan firman Tuhan bagi saudara. Dan saya bertrimakasih bagi saudara yang telah membaca renungan ini. Bila kita memperhatikan kondisi dunia saat ini. Setiap orang mempunyai alasan tertentu dalam hal memilih pasangan hidupnya. Tentu ada beberapa aspek yang dia perhatikan disaat ia memilih calon pasangan hidupnya. Misalkan secar fisik yaitu cantik, tinggi, manis, pintar, dan lain-lain. Kalau secara rohani yaitu takut akan Tuhan, rajin beribadah, peduli kepada orang lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa kita memilih pasangan hidup kita adalah orang yang terbaik sesuai kriteria kita.

Namun bagi Allah itu berbeda. Ia memilih bukan karena anda baik hati, rajin beribadah, mengasihi sesama. Ia memilih saudara karena kasih karunianya. Ia tahu bahwa anda tidak mampu dan tidak layak. Namun ia memilih saudara menjadi layak dan berharga dan terbaik. Jadi bagaimanakah pemilihan Allah yang luar biasa menurut Efesus 1:4-5 adalah sebagai berikut:

1. Kita Dipilih Untuk Menjadi Orang Percaya (ayat 4)
Yang perlu kita perhatikan di ayat 4 ini yaitu ada kata "kita" => kata ini ditunjukan kepada orang-orang percaya kepada Kristus. Misalkan jemaat Efesus, Paulus, saya dan saudara. Kita ini telah dipilih sebelum dunia di jadikan menjadi orang percaya kepada Kristus. Hal itu bisa terjadi karena Allah Mahatahu (yang mengetahui masa depan). Allah tidak terjebak pengetahuan-Nya di saat ia memilih anda menjadi orang percaya. Dalam arti Allah tidak memilih anda karena anda orang baik. Namun Allah memilih kita karena kerelaan-Nya dan kehendak-Nya.

Bila kita memperhatikan ayat 4 ada kata "supaya kita kudus dan tak bercacat dihadapan-Nya". Firman Tuhan ini menjelaskan kepada kita bahwa inilah tujuan Allah memilih kita sebelum dunia dijadikan. Jadi kita bisa melakukan yang baik dan berkenang kepada Allah karena Ia yang berkerja dalam kehidupan saudara melalui firman Allah dan Roh Kudus. Bahkan mengenai keselamatan kita Ia juga yang mengerjakan-Nya. Sehingga saudara disebut sebagai orang kudus dan tidak bercacat di hadapan Allah.

Tuhan memilih saudara karena kasih karunia-Nya. Saudara memperoleh keselamatan, diperdamaikan dengan Allah, ada syalom dalam hidup saudara karena Allah yang memberikannya bagi saudara secara cuma-cuma  tanpa usaha saudara. Ingat bahwa kasih karunia itu adalah pemberian Allah yang secara Cuma-Cuma bagi manusia. Bila kita bandingkan Roma 8:29-30 Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya.

Ayat ini menjadi dukungan bagi kita sebagai orang percaya bahwa kita telah dipilih dan di tentukan dari semula menjadi serupa dengan gambar anak-Nya. Di mana kita memiliki sifat-sifat seperti Anak-Nya yaitu mengasihi, pikiran yang baik, perbuatan yang baik dan lain-lain. Oleh sebab itu saudara harus bersyukur kepada Tuhan karena Tuhan telah memilih saudara menjadi orang percaya. Jadi jangan sia-siakan hadia yang Tuhan berikan dalam hidup saudara, melaikan gunakan hal itu dengan sebaik-baiknya.

2. Di Angkat Menjadi Anak-Anak Allah (ayat 5)
Bagi saya ini merupakan hadia sangat berharga dalam hidup saya ketika saya dipilih dan di tentukan untuk diangkat menjadi anak-anak Allah. Dari ciptaan yang tidak layak yang begitu banyak dosanya. Namun kasih karunia Tuhan memilih saya dan di angkat menjadi anak-anak-Nya.  Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya (Ef.1:5). Demikian juga dengan kehidupan saudara bahwa anda di tentukan dari semula untuk diangkat menjadi anak-anak Allah. Ia  memilih anda menjadi anak-anak Allah karena sesuai kerelaan kehendak-Nya. Ada satu ayat mengatakan kepada kita yaitu Sebab Allah tidak menyesali kasih karunia dan panggilan-Nya (Roma.11:29). Benar bahwa Allah tidak menyesali disaat memilih anda untuk diselamatkan dan menjadi anak-anak Allah. Sebab Allah tidak pernah mengingkari kasih karunia dan panggilan-Nya. Disaat ia menentukan dari semula dan telah memanggil orang-orang milik-Nya. Dengan kata lain, seluruh keselamatan kita, mulai dari awal sampai akhir, berasal dari Allah. Kita mendapat jaminan bahwa Allah telah memilih kita sebelum dunia di jadikan.

Yang harus kita perhatikan bahwa Allah sudah menetapkan orang untuk diselamatkan. Paulus tidak memandang ajaran ini untuk kita bermalas-malasan untuk berbuat baik. Sebaliknya kita di ciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik yang telah dipersiapkan Allah sebelumnya supaya kita hidup didalamnya. Ingat setiap orang yang dipilih Allah adalah orang yang menyadari panggilannya dan sadar bahwa ia adalah orang berdosa. Dan ia menyadari dia bisa hidup karena kasihkarunia Tuhan dalam hidupnya. Ingat bahwa keselamatan itu hanya dengan percaya kepada Allah. Bahwa ia percaya kepada Allah yang berkerja dalam hidupnya. Dan saudara harus mau juga diproses oleh Tuhan melalui pempinan Roh Kudus dalam hidupmu.

Tuhan Yesus Memberkati...


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter