Kematian Rohani Dan Jasmaniah Menurut Alkitab

Post a Comment

 

Selamat Datang Dan Berkujung Di Blog Saya

Kematian jasmaniah tidak boleh dikacaukan dengan kematian rohani atau kematian. Kematian rohani artinya keadaan seseorang sebelum ia diselamatkan. Keadaan tersebut "mati" dalam pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosa (Ef.2:1,5). Yesus mengatakan "sesungguhnya saatnya  akan tiba dan sudah tiba, bahwa orang-orang mati akan mendengar suara Anak Allah, dan mereka akan hidup (Yoh.5:25).

Jadi seseorang dianggap mati secara rohani sebelum ia hidup di dalam Kristus ketika ia di selamatkan. Kematian abadi ialah penghukuman kekal yang terjadi pada saat kematian orang-orang yang tidak pernah dihidupkan secara rohani. Kematian kekal merupakan penghukuman kekal yang menimpa orang-orang yang selama hidupnya di dunia tidak pernah "pindah dari dalam maut ke dalam hidup" (Why 20:14).

Kematian rohani dan kematian kekal berhubungan dengan jiwa. Kematian jasmaniah adalah terpisahannya jiwa dari tubuh dan merupakan berakhirnya kehidupan jasmaniah. Kematian iani digambarkan dengan berbagai cara dalam Alkitab: perpisahan dari tubuh jiwa (Pengkhobah 12:7; Kis.7:59; Yakobus 2:26), kehilangan jiwa atau nyawa (Mat.2:20, Mrk 3:4).

Kematian jasmaniah  tidak boleh dianggap sebagai pemusnahan, berhentinya keberadaan seseorang; lebih tepat jika dikatakan bahwa kematian jasmaniah merupakan perubahan hubungan. Hubungan alamiah antara jiwa dengan tubuh terputus. Tubuh jasmaniah menjadi rusak di dalam kubur dan menjadi debu kembali (Kej. 3:19) sedangkan jiwa terus hidup.

Kamatian jasmaniah merupakan akibat dari kematian rohani manusia (Rom.5:21; 6:23; 1 Kor.15:56). Kematian  jasmaniah bukanlah sesuatu yang wajar dalam jalan hidup manusia, melainkan adalah penghukuman (Rom.1:32; 5:16) dan suatu kutukan. Di dalam Alkitab tersurat bahwa Kristus mengambil bagian dalam daging dan darah "supaya oleh kematian-Nya Ia memusnahkan yaitu iblis, yang berkuasa atas maut.

Bagi orang percaya kematian merupakan pintu masuk ke hadapan Kristus. Ia absen dari tubuhnya namun ia tinggal bersama Tuhan (II Kor.5:8), kematian jasmaniah bagi orang Kristen artinya "Pergi dan diam bersama-sama dengan Kristus (Fil.1:23). [1]TYM…..





[1] Henry C. Thiessen, Teologi Sistematika, (Malang: Gandum Mas,2020) 522

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter