Yohanes 10:28-30 - Tafsiran/Catatan - Renungan

Post a Comment

 


Janji Tuhan Akan Hidup Kekal

(Yoh.10:28-30)

Pesan: Baca terlebih dahulu ayat firman Tuhan (Alkitab) baru baca renungan ini.

Ketika kita berbicara mengenai janji Tuhan.  Kita mengerti dan mengetahui bahwa janji Tuhan itu berupa berkat, penyertaan dan hidup kekal. Dapat kita bandingkan janji-janji Tuhan kepada bapak-bapak leluhur Perjanjian Lama. Dimana Tuhan mengikat suatu perjanjian dengan mereka. Yang pasti "janji" Tuhan itu "imprefek" yang akan datang.

Demikian juga dalam konteks kitab Yohanes ini. Allah sedang berjanji kepada domba-domba-Nya. Domba-domba yang dimaksud di sini adalah orang-orang pilihan Allah (orang percaya kepada-Nya). Di mana Tuhan berjanji yaitu:

Memberikan Hidup Kekal

Hidup kekal itu adalah hidup abadi dan tidak binasa. Hidup kekal itu berbicara mengenai kebahagian, sukacita, syalom bersama dengan Tuhan. Berbeda dengan kematian kekal yaitu ia hidup kekal dalam keadaan menderita, sengsara dalam api neraka, selama-lamanya. Janji Tuhan yang dimaskud di sini adalah hidup kekal bersama-sama dengan diri-Nya di sorga.

Janji Tuhan itu "pasti" dan "ya". Sebab yang berjanji adalah Tuhan bukan manusia. Kecuali kalau manusia yang berjanji tidak mungkin ia menawarkan hidup kekal. Sebab manusia itu terbatas. Namun karena Tuhan yang berjanji,  keselamatan anda pasti. Ketika anda percaya Yesus hari ini dan anda meninggal dunia besok pasti anda masuk surga.

Ia Tetap Setia Menjaga Kita

Firman Tuhan berkata: seorang pun tidak dapat merebut mereka dari tangan-Ku (ay.28b.Ketika kita menjadi milik-Nya Tuhan. Maka Ia selalu menjaga kita dan tidak akan membiarkan kita menjadi milik yang lain. Sebab setiap orang-orang yang dipilih Tuhan menjadi milik-Nya. Pasti tidak akan hilang keselamatannya. Artinya orang yang berada di dalam Tuhan dan ia meninggal dunia hari ini pasti ia masuk surga. Sebab yang berjanji adalah Allah yang setia. Bersyukurlah kepada Tuhan karena kasih setia-Nya dan lakukanlah kehendak Tuhan semasih anda hidup di dunia ini yaitu menjadi berkat bagi orang lain. Dan nama Tuhan dimuliakan. Amin.   

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter