Pengertian Silabus
Silabus adalah suatu rencana pembelajaran dalam sekelompok mata pembelajaran yang akan diajarkan kepada peserta didik yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, penilai kepada peserta didik, daftar pustaka dan lain-lain. Silabus ini adalah suatu perencanaan dalam menentukan kegiatan pembelajar sehingga tercapai proses mengajar dan belajar dengan baik.
Prinsip-Prinsip Pengembangan Silabus
Ilmiah: materi dan kegiatan pembelajaran yang ada disilabus harus bisa dipertanggung jawabkan secara ilmiah.
Relevan: materi dan kegiatan yang ada dalam silabus benar-benar relevan pada zaman sekarang. Membuat silabus harus mempertimbangkan terlebih dahulu apakah ada nilai-nilai kehidupan didalamnya atau tidak.
Sistematis:komponen-kompones yang ada dalam silabus ada kaitan satu sama lain atau satu kesatuan.
Konsisten: komponen-komponen yang ada didalam silabus harus konsisten. Misalkan materi pembelajaran telah di susun dengan baik namun pada waktu presentasi bukan itu yang disampaikan.
Memadai: cukupan indicator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilain cukup untuk menunjang pencapaian kompetesi dasar.
Langkah-Langkah Mengembangkan Silabus
Memikirkan apa yang menjadi standar kompetensi dan kompetensi dasar
Dalam memikirkan standar kompetensi dan kompetensi dasar adalah mempertimbangkan hubungan antara standar isi.
Menentukan materi pembelajaran
Tujuan menentukakan materi pembelajaran adalah untuk mencapai standar kompetensi.
Mendesai kegiatan pembelajaran
Dalam mendesai kegiatan pembelajaran hendak mengusai terlebih dahulu proses kegiatan pembelajaran dan hendak memikirkan cara untuk mengembangkan lebih lagi.
Merumuskan standar mencapai kompetensi dasar
Dalam merumuskan hal ini hendak ada evaluasi satiap selesai mengajar di kelas tujuan supaya dapat merumuskan standar mencapai kompetesi dasa.
Menentukan bentuk-bentuk penilaian
Tujuan dari menentukan bentuk-bentuk penilai adalah untuk mengetahui apakah ada perkembangan atau kemajuan terhadap peserta didik dalam mengikuti proses belajar di kelas.
Menentukan jadwal pembelajaran
Dalam menentukan waktu pembelajaran hendak menentukan waktu masuk pembelajaran tersebut.
Menentukan sumber belajar
Penentuan sumber belajar didasarkan pada SK dan KD serta materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.
Trimakasih telah membacanya....
Post a Comment
Post a Comment