Teologi Injil Kitab Sinoptik - Viral

Post a Comment


TEOLOGI SINOPTIK

Istilah sinoptik berasal dari kata Yunani sunoptikos, "melihat sesuatu bersama-sama", dan itu merupakan karakteristik dari ketiga Injil, Matius, Markus dan Lukas. Mereka dipelajari bersama-sama karena pandangan mereka tentang kehidupan Kristus dianggap cukup mirip.

Matius
Penulis, ada dukungan awal yang menyatakan bahwa Matius, sang pemungut cukai, pada awalnya menulis dalam Aramik, suatu kesaksian penting untuk keutamaan dari matius. Irenaeus menyatakan bahwa Matius menulis pada waktu Petrus dan Paulus masih hidup; Markus menulis setelah keduanya meninggal.

Tanggal Penulisan,Pandangan gereja mula-mula adalah bahwa Matius menulis Injilnya sebelum Penginjil lain menyusun kepunyaan mereka. Kesaksian ini sangat kuat dan tak bernama yang hal itu mengharuskan kepemilikan cukup besar dalam memutuskan pertanyaan ini. Matius paling mungkin ditulis kira-kira tahun 50 AD.

Pembaca,Pembaca Injil Matius dikaitkan dengan natur dan pertumbuhan gereja mula-mula. Karena hal itu tidak dapat dipisahkan dari Yudaisme, adalah jelas bahwa gereja mula-mula mayoritas adalah orang Yahudi; tidak lama Pentakosta, 5000 laki-laki Yahudi percaya. Hal itu menuntut kebutuhan adanya penjelasan, apabila Yesus memang Mesias, mengapa kerajaan belum datang. Matius menulis untuk menjelaskan kepada pembaca orang Yahudi.

Tujuan teologis,Matius menangkap pengharapan Mesianik dan ekspektasi orang Yahudi. Ia memberikan petunjuk kepada pembacanya bahwa Mesias sejatih, Anak Daud, benar telah datang. Sementara penulis Injil lain mengenali Yesus sebagai Mesias yang telah dinjanjikan, makaMatius yang menyajikan Dia secara unik untuk orang Yahudi.

Tujuan Injil Matius ada dua segi,
Untk mbtk bhw Yesus adl Mesias. Mesiasadl suatu sbtn Yahudi bagi raja Israel yg akan mbw keselamatan bg Israel pd akhir zaman. Matius menyajikan Yesus sebg Mesias Israel pd akhir zaman. Matius menyajikan sbg Mesias Israel (Yg diurapi) yg menggenapi peran dr nabi, iman dan raja dlm satu Pribadi.

Utk menyajikan kerajaan sesuai dgn rencana Allah. Yesus adl Mesias Israel & bangsa itu telah menolak sang Mesias. Matius mjlskan bhw kerajaan yg tlh ditawarkan kpd orang Yahudi tlh ditunda oleh krn penolakan Israel. Kerajaan Mesias di dunia akan didirikan pd saat Kedatangan-Nya kedua.

Markus
Penulis, Gereja mula2 mbrk kesaksian yg kuat kpd Yohanes Markus sbg penulis dr Injil yg kedua. Irenaenus menulis sekitar 185 AD mytk setelah mrk meninggal (Petrus dan Paulus), Markus, murid dan penafsir Petrus, juga mbrk kpd kita dlm tulisan apa yg tlh dikhotbahkan pleh Petrus.

Tanggal Penulisan,oleh krn Irenaeus bersaksi bahwa Markus menulis stlh kematian Petrus dan Paulus. & krn Paulus kemungkinan besar mati pd musim panas atau musim gugur thn 66 AD, mk Markus sangat mungkin menulis Injilnya pd thn 66 atau 67 AD, krn penghancuran Yerusalem tdk disebutkan maka pasti menulis sblm 70 AD.

Pembaca,  ditulis sekitar thn 195 AD, Clement dr Alesandria mytk bhw org Romawi meminta kpd Petrus utk menulis catatan ttg kehidupan Kristus bg mereka. Jd sangatlah mungkin Markus menolong Petrus utk memenuhi permohonan itu dari orang Romawi. Bukti internal, dgn adanya terjemahan istilah-istilah Aramik, juga mengindisikan pembaca non-Yahudi.

Tujuan Teologis, Oleh krn org Romawi adl org yg bekerja bukan org berpikir, markus menyajikan Kristus sbg "Pekerja yang hebat daripada sbg Pemikir yd dlm, manusia yg menang melalui tindakan. Gaya markus, demikian pula isinya, mencerminkan tujuan teologis itu. Krn Markus menyajikan Kristus sbg manusia yg berkarya, maka ia menghapuskan garis keturunan dan narasi kelahiran dan mulai dgn baptisan Kristus, dan bergerak langsung pd pelayanan Kristus scr public.

Penekanan utama Markus akan Yesus adl gbr Kristus sbg hamba yg dtg utk melayani & memberikan hidup-Nya sbg tebusan bg banyak org (mark.10:45). Tujuan Markus adl utk menyajikan pd pembacanya org Romawi dgn dinamika Anak Manusia sbg seorang hamba, dgn dmk mendorong org utk beriman kepada-Nya.

LUKAS
Penulis, Lukas seorang dokter
Tanggal Penulisan, Kisah Para Rasul ditulis 63 AD & Lukas di tulis dekat dgn akhir dr waktunya di Palestina, kemungkinan atr 58 & 60 AD.

Pembaca,Meskipun Lukas menunjukan Injilnya kpd Theofilus, kemukinan beasar adl Ia seorang pembaca non-Yahudi. Jadi pembacanya adl orang Yunani alasanya:
Garis keturunan Yesus diawali dr Adam, bapak dari seluruh umat manusia, bukan di awali dr para patriakh Yahudi.

Nubuat-nubuat yg telah digenapi terjadi dlm perkataan Kristus ditunjukan kpd org Yahudi, tdk sbg narasi yg bersifat apologetic sbgmn halnya dlm Injil Matius.

Istilah Yahudi, seperti  "rabi" dihindari.
Nama-nama Yahudi sbg penggantia nama2 Ibrani (lihat Lukas.6:16; 23:33).

Tujuan teologis, Lukas mlk penekanan kosmopolita, menekankan universalitas Injil & bhw Yesus adl Penebus dunia. Hal ini ditekankan mll kaitan garis Keturunan Yesus dgn Adam, nenek moyang scr umum dr semua umat manusia. Penekanan ini scr khusus dilihat dlm penggunaan perumpamaan Luka. "jalan masuk ked lm Kerajaan di buka bagi orang samaria (9:51-59; 10:30-37; 17:11-19). & orang non-Yahudi (2:32); kpd orang Yahudi (1:33; 2:10); lpd pemungut cukai (3:12; 5:27)…

DOKTRIN ALLAH
  • Providensia Allah dilht dr provisi-Nya kepada burung-burung (Mat.6:26;1029)
  • Kebapakan Allah menekankan pemeliharaan-Nya atas anak2-Ny (mat.6:32).
  • Anugerah Allah diberikan kpd orang percaya dmkn jg kpd org tdk percaya (Mat:.5:45)
  • Kerajaan Allah ditekankan: Ia memiliki takhta (Mat.5:34, 23:22)
  • Ia adalah Tuan (Mat.4:7; 10 Luk.4:8,12).
  • Penghakiman Allah bg semuan org (Mat.11:22-24).
  • Ia akan membalas bagi milik-Nya (Luk.18:7).
  • Kamuliaan Allah dinyatakan pd ketiganya di atas Gunung Transfigurasi (Mat.17:1-8)
  • Kebaikan Allah tdk ada bandingnya (Mat.19:17, Mark.10:17; Luk.9:28-19).
  • Kuasa Allah diperlihatkan dgn kemampuan-Nya utk membangkitkan org mati (Mrk.12:24-27).
  • Dia segalah sesuatu mukin (Mrk.10:27; Luk.1:37: 18:27).
  • Katritunggalan Allah dinyatakan pd pembaptisan Kristus (Mrk.1:9-11) dan pd pengutusan para rasul (Mat.28:19).


DOKTRIN KRISTUS
Kelahiran dari anak dara, Matius dan Lukas keduanya menekankan bhw kemanusiaan Kristus dikandung dlm Roh Kudus (Mat.1:18; Luk.1:35). Matius memberikan penekanan yg cukup jls ttg maria tdk bersetubuh dgn seorang laki2 sblm kelahiran Kristus (Mat.1:18-25). Dkmn pl dgn Markus menekankan bhw Yesus adl "Anak Maria" dr pd mengatakan anak Yusuf (kebiasaan Yahudi biasanya menggunakan nama ayah).

Kemanusiaan,Katika Injil menekankan kemanusiaan Yesus. Matius menekankan garis keturunan manusia-Nya (1:1-7), kelahiran-Nya sbg manusia (1:25), & masa kanak2Nya (2:1-23). Dmkn pula dgn Lukas yg menekankan kelaharinya dan status-Nya yg rendah (2:1-20), ia menyesuaikan diri dgn  tradisi org Yahudi (2:21-24), dan pertumbuhan sbg anak laki2 muda (2:41-52). Markus lebih menekankan kehidupan Yesus dari pada Matius dan Lukas mll penekanannya pd karya, kehidupan, dan aktivitas Yesus. ketiganya menekankan kemanusiaan-Nya dlm pencobaan (Mat.4:1-11; Mrk. 1:12-13; Luk.4:1-13). Hal-hal seperti mengatur kapal2 nelayan, membayar pajak, berbicara pd org  yg berbeda, berkeringat darah, menangis krn ditinggalkan di atas kayu salib, semua mencerminkan kemanusiaan Yesus. Namun ia bukan manusia biasa; Ia mengampuni dosa, ia memiliki otoritas atas alam, menyatakan Shekinah Allah, semua itu "menempatkan Ia pd kelas-Nya sendiri.

Ketidakberdosaan,Ia lahir dari seorang anak dara dan tidak berdosa. Karena lahir dr seorang perawan, ia tdk mmk natur  dan kecenderungan pd dosa (Perhatikan Yak.1:14-15).Yesus memanggil manusia utk bertobat ttp tdk ada catatan bhw Ia pernah mengaku dosa atau bertobat. Baptisan-Nya adlh utk "menggenapi seluruh kehendak Allah" (Mat.3:15), bukan utk pengakuan dosa (Mat.3:6). Pencobaan itu juga menekankan bhw meskipun ia diuji dlm semua area seperti kita, namun Ia tdk berdosa (Mat.4:1-11); Mrk 1:12-13; Luk.4:1-13). Pd waktu ia menegur Petrus, Ia tdk berdosa (Mat.4:1-11; Mrk.1:12-13; Luk.4:1-13). Pd waktu Ia menegur Petrus, Ia menyatakan bhw Ia sama skl tdk ada hubungan dgn dosa (Mat.15:23).

Keilahian, Matius menekankan Yesus sbg Anak Daud (Mat.9:27; 12:23). Mat. 9:27 sangatlah jelas org buta itu mengerti Anak Daud adl Mesias yg dpt mlkn pekerjaan Mesias, seperti mencelikkan mata org buta (Yes.35:5),

Asal mula istilah Anak Manusia bermula dr Daniel 7:13 dimana Ia digbrkan sbg yg  penuh dgn kemenangan membawa kerajaan kpd Bapa.

Karya Penebusan,  Kristus mengajarkan para murid-Nya bhw kematian-Nya akan mjd suatu penebusan substitusi (Mat.20:28; Mrk. 10:45).  Pernyataan bahwa Ia akan memberikan nyawa-Nya sebagai suatu tebusan bg org berimplikasi subsitusi. Dlm peryataan ini Yesus jg mggnkn kata tebus (Yunani:Lutro), yg berarti tebusan uang yg dibayar utk membebaskan seorang budak; Kristus membayar harga, kematian-Nya utk membebaskan banyak org dr perbudakan dosa.

DOKTRIN ROH KUDUS
  1. Berkaitan dgn kelairan Kristus dr anak dara, Matius dan Lukas keduanya menghubungkan konsepsi Yesus di kandungan Maria dgn Roh Kudus yg datang atasnya (Mat.1:18; Luk.1:35).,
  2. Berkaitan dgn baptisan Kristus. Pd saat pembaptisan Yesus, Roh Kudus turun atas-Nya dan menucurahkan kuasa bagi-Nya utk pelayanan public-Nya.
  3. Berkaitan dgn pencobaan. Mrk 1:12 menekankan bhw Roh Kudus yg mendorong Kristus ke padang belantara utk dicobai oleh si jahat. Kontrontasi itu utk membuktikan kdkmungkinan berdosa Sang Anak.
  4. Berkaitan dgn pelayanan Kristus. Mat.12:28 menyatakan bhw pelayanan Kristus telah dilkkn mll Roh Kudus.
  5. Berkaitan dgn inpirasi Kitab suci, Pd waktu mengutip Maz.110:1, Mrk 12:36 menyatakan, "Daud sendiri mengatakan bhw dlm Roh Kudus" berimplikasi bhw Roh Kudus membimbing  Daud utk menuliskan kata2 yg benar pd waktu itu menulis Maz. 110. Ini adl cth yg mengindikasikan pelayanan Roh Kudus dlm inpirasi Kitab Suci.


DIKTRIN GEREJA
Tdk ada pengembangan doktrin gereja di injil sinoptik. Kata gereja (Yunani ekklesial) dignkn hya 3x di Matius dan tdk sm skl di Markus & Lukas. Kemungkinan besar pemunculannya hanya di Matius, di mana hal itu di gunakan dlm suatu pengertian teknis, yaitu 16:18.

DOKTRIN AKHIR ZAMAN
Kata kerajaan (Yunani:Basilenia) menonjol di Injil sinoptik, muncul 56x di Matius, 21x di Markus, dan 46x di Lukas hanya 5x di Yohanes. Injil sinoptik menekankan bhw Yesus dtg mendirikan kerajaan milenial. Pertama kali muncul istilah itu adl di matius 3:2 di mana Yohanes pembaptis berkhotbah, "Bertobatlah, sebab Kerajaan Surga sudah dekat", mendorong org2x itu utk bertobat dlm mengantisipasi kedatangan kerajaan Mesias. Namun Ia di tolak, akibatnya kerajaan itu akan didirikan dlm penundaan. Yesus menjabarkan periode pertengahan diantara penolakan Mesias pd kedatangan-Nya yg pertama maka kerajaan itu akan didirikan pada kedatangan-Nya yg kedua kali.

Kunjungi alamat ini: biblemu.blogspot.com


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter