Renungan: Iman Dan Perbuatan (Yakobus 2:14-20)

Post a Comment


Iman Dan Perbuatan
(Yakobus 2:14-20)
Iman dan perbuatan adalah satu paket atau satu kesatuan dalam kehidupan orang percaya. Seperti gambar koin di bawah ini. Gambar garuda dan angka 500 rupiah adalah satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan satu sama lain. Jika salah satunya tidak ada pasti tidak berguna dan tak berfungsi. 


 Demikian pula dengan iman dan perbuatan adalah satu paket dan satu kesatuan. Anda percaya kepada Kristus dan anda juga memiliki karekter Kristus dalam hidup mu. Oleh sebab itu bagaimana yang di maksud dengan "iman dan perbuatan dalam Surat Yakobus"  yaitu sebagai berikut:

Iman Tanpa Perbuatan adalah Mati (ay. 14-17)
Iman adalah kunci untuk menerima keselamatan. Iman adalah respon bahwa Ia menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat hidupnya. Ketika ia percaya dan berada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru. Tentu  manusia baru adalah kehidupan lamanya telah berlalu dan karakter Kristus yang ada dalam dirinya. Berarti iman dan perbuatan itu adalah sejalan untuk mengikut Kristus. Tetapi jika ia hanya mengakui ia adalah pengikut Kristus namun perbuatannya sehari-harinya tidak benar. Maka perlu untuk dipertanyakan apakah ia pengikut Kristus atau tidak. Sebab mengikut Kristus harus terbukti dalam kehidupannya sehari-hari.

Namun jika hanya mengaku Yesus sebagai Tuhan dan tidak mengakui Tuhan Yesus dalam kehidupannya sehari berarti iman dan perbuatannya adalah mati. Bila hasilnya seperti itu dalam pengikutanya adalah tidak ada gunanya .  Apakah gunanya, saudara-saudaraku, jika seorang mengatakan, bahwa ia mempunyai iman, padahal ia tidak mempunyai perbuatan? (ayat 14). Benar bahwa iman dan perbuatan untuk menjadi pengikut Kristus adalah harus sejalan. Jika iman dan perbuatan tidak sejalan, Yakobus mengatakan "apakah iman itu menyelamatkan dia"tentu tidak. Sebab orang yang telah menerima Kristus dalam hidupnya pasti hidupnya adalah manusia baru.
Layanilah sesamamu dan tolonglah yang lemah sebagai bukti anda pengikut Kristus. Sebab orang yang berada di dalam Kristus adalah ia adalah ciptaan baru. Tujukanlah nilai-nilai Kristus dalam kehidupanmu sehari-sehari supaya setiap orang melihat anda, mereka mengenal Kristus melalui kehidupanmu sehari-hari.

Iman Tanpa Perbuatan adalah Kosong (ay.18-20)
Kosong berarti  tidak ada isinya dan tidak bernilai (ayat 20). Demikian juga dengan iman tanpa perbuatan adalah kosong. Sangat jelas ayat 18: Tetapi mungkin ada orang berkata: "Padamu ada iman dan padaku ada perbuatan", aku akan menjawab dia: "Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan, dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatan-perbuatanku." 

Berarti untuk membuktikan kita percaya kepada Kristus harus dibuktikan dalam perbuatan kita sehari-hari. Sebab perbuatan itu adalah wujud bahwa kita taat akan perintah Kristus. Bagaimana anda di sebut sebagai pengikut Kristus namun anda pemberontak? Sebab iblis saja percaya bahwa Yesus adalah Allah, namun  pribadinya tidak benar. Benar bahwa iman tanpa perbuatan adalah kosong.

Bila anda rindu berbagi berkat dan memberikan persembahan sukarela bisa melalui rekening di bawah ini:
Nomor BRI: 5267-01-011795-53-6
Tuhan Yesus Memberkati..


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter