Renungan: Oleh Iman Kita Di Benarkan (Roma 5:1-9)

Post a Comment


Oleh Iman Kita Di Benarkan
(Roma 5:1-9)

Dalam bahasa Yunani kata "dibenarkan" adalah "Δικαιωθέντες"  (dikaiothetes) yang artinya adalah manusia yang berdosa telah dibenarkan menjadi orang yang layak di hadapan Tuhan.  Manusia bisa memperoleh perubahan hidup menjadi orang benar dihadapan Tuhan karena kasih karunia Tuhan. Melalui percaya akan pengorbanan Kristus di atas kayub salip. Dibenarkan maksudnya di sini adalah manusia berdosa telah di layakan dihadapan Tuhan karena Kristus telah menggatikan penghukuman manusia berdosa. Sehingga manusia berdosa tidak mendapatkan penghukuman lagi dari Allah. Karena Tuhan Yesus Kristus telah membayarnya melalui pengorbanan-Nya.

Oleh sebab itu seperti apakah oleh iman kita di benarkan yaitu:

1. Telah di perdamaikan dengan Allah (ay.1-5)
Melalui pengorbanan Kristus di atas kayub salip, kita sebagai manusia berdosa telah di perdamaikan dengan Allah.  Kita bukan musuh Allah lagi karena Yesus Kristus telah menjadi pelantara antara kita dengan Allah Bapak. Melalui pengorbanan Kristus di atas kayu salip kita memperoleh suatu perharapan yang pasti akan kehidupan kita yang akan datang.  Bahkan ayat 2-5 menjelaskan suatu kemampuan yang kita peroleh untuk menjalin kehidupan di dunia ini. Dan semuanya itu karena Roh Kudus yang memberikan kekuatan.

Dan ingat bahwa anda telah diperdamaikan dengan Allah karena darah Kristus telah membenarkan dirimu. Bila anda percaya dirimu telah di benarkan maka hendaklah nyata dalam kehidupanmu sehari-hari bahwa anda selalu berdamai bagi semua orang.

2. Pasti Selamat dari Murka Allah (ayat.6-10)
Kita sebagai orang percaya kita harus mengerti bahwa kita datang kepada Tuhan bukan agar kita bebas dari hukuman dari Allah karena dosa kita. Melainkan kita datang  kepada Tuhan karena kerinduan untuk membangun hubungan intim dengan Allah (relasi kita dengan Allah). Ingat bahwa anda bukan  musuh Allah lagi,  karena anda telah diperdamaikan dengan Allah melalui pengorbanan Kristus di atas kayu salip sehingga anda menjadi orang benar di hadapan Allah. Anda datang  ke gereja, dan melakukan kebaikan bukan agar memperoleh keselamatan. Melainkan kita datang kepada Tuhan karena membangun relasi dengan Allah.  Sebab keselamatan itu telah kita terima ketika anda percaya dan bertobat.  Seandainya anda meninggal hari ini pasti anda masuk surga dan bebas dari murka Allah karena pengorbanan Kristus.

Oleh sebab itu jangan menggunakan kesempatan yang ada untuk berbuat dosa lagi dan menyakiti hati Allah. Melainkan gunakan kesempatan yang ada untuk menyenangkan hatinya Tuhan. Menjadi berkat bagi semua orang. TYM

Bila anda rindu berbagi berkat dan memberikan
Persembahan sukarela bisa transfer melalui nomor rekening di bawah ini:

Nomor BRI: 5267-01-011795-53-6





Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter