Tips Mengeluarkan Air Dari Dalam Masker dan Snorkel Saat Sedang Menyelam

Post a Comment
Mengeluarkan Air Dari Dalam Masker

Meskipun masker telah diatur dan dipasang sebaik-baiknya masih ada kemungkinan untuk kemasukkan air. Hal ini bisa disebabkan oleh tersentuh buddy (teman), pengaruh arus, karang atau karena gerakan penyelam itu sendiri.

Bila masker kemasukkan air saat melakukan penyelaman, tidak perlu panik tetapi selesaikanlah di tempat. Ini harus dibiasakan agar dalam penyelaman yang lebih dalam tidak perlu meluncur ke permukaan karena resikonya besar, tetapi diselesaikan di tempat kejadian.


Caranya, tekan bagian atas masker, sambil muka ditegakkan, angkat sedikat masker bagian bawah, sementara napas dihembuskan, maka udara akan menolak air untuk keluar melalui bagian bawah masker.

Setelah teknik mengeluarkan air dari dalam masker dikuasai, coba lepaskan masker dan pakailah di dalam air. Pemakaian masker dalam air bagi seorang penyelam SCUBA merupakan hal yang wajib dikuasai, untuk menghindari problem yang tidak diinginkan.

Mengeluarkan Air Dari Snorkel

Dalam penyelaman Skin Diving, bila masuk ke dalam air, snorkel akan kemasukkan air untuk itu perlu cara untuk mengeluarkannya. Air di dalam snorkel nanti dihembuskan pada saat kepala berada di permukaan air.

Ada dua cara mengeluarkan air pada snorkel.
  1. Cara meniup (blowing or popping) air dalam snorkel dangan udara dalam tubuh penyelam. Ditiup dengan kuat dan sentakan, bila perlu berulang-ulang hingga snorkel telah dapat digunakan untuk pernapasan.
  2. Dengan cara mengalirkan (displaeement) yakni mengalirkan air keluar dari snorkel melalui mengangkat dan menghadapkan muka tegak lurus ke arah langit sehingga bagian ujung snorkel turun dan memungkinkan air akan turun keluar.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter