Pengertian Fins (Kaki Sirip) Dan Cara Penggunaannya Yang Baik

Post a Comment

Pengertian Fins (Kaki Sirip) Dan Cara Penggunaannya Yang Baik - Fins (kaki sirip) atau disebut juga kaki katak adalah sejenis alat untuk membantu mempercepat gerakan dan mencapai keseimbangan dalam air saat menyelam. Dari bentuknya, fins tebagi dalam tiga jenis yakni;
1. Fins dengan tumit terbuka (open heel fins)
2. Fins kaki tertutup (full foot fins)
3. Jet fins (powe fins)

Pengguna fins dengan tumit terbuka masih memerlukan sepatu karet, sedangkan jet fins dirancang dengan konstruksi khusus agar lebih ringan dan cepat gerakan saat menyelam. Demikian pula ada fins yang tenggelam dan ada fins yang mengambang bila dilepas dengan bebas ke dalam air. Yang baik tergantung dari keperluan si pemakai. Para pekerja bawah air dianjurkan untuk menggunakan fins yang tenggelam. Bagi setiap penyelam, tidak dibenarkan berjalan dengam menggunakan fins.

Gunakan fins sesuai dengan ukuran kaki, dan sebaiknya bagi pemula menggunakan fins yang ringan (swimming fins). Bila ukuran fins terlalu besar dapat dibantu dengan menggunakan kaus kaki. Hindari penggunaan fins yang sempit karena disamping membuat lecet kaki juga akan merusak atau merobek fins tersebut.

Dianjurkan agar fins nanti dipasang setelah berada di air agar tidak digunakan untuk berjalan; kecuali berada di atas perahu. Bila telah mahir menggunakan fins, dapat menggunakan fins profesional, meskipun berat namun memberikan gerakan yang cepat.

Setelah masker, snorkel dan fins dikenakan, mulailah mencoba untuk mengapung. Luncurkanlah tubuh sejajar dengan permukaan air sambil menarik napas sedalam-dalam sementara posisi tubuh tetap lurus, lemas dan kaki serta tangan direntangkan, maka tubuh cenderung akan mengambang di permukaan air. Lakukan secara berulang-kali sambil mengayungkan fins secara perlahan-lahan.

Bagi mereka yang memiliki pengetahuan dasar selam, pengapungan tidak lagi menjadi persoalan. Bilamana penyelam akan bertumpu untuk berdiri, bertumpulah dengan tumit dengan ujung fins yang mudah lengkung. Dalam keadaan khusus, berjalan dengan fins dalam air dilakukan dengan cara mundur.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter